Cara Membuat Database MYSQL/Maria Db di PHPMyadmin Mudah

Assalamualaikum teman-teman.

Kali ini saya akan share tentang bagaimana cara membuat Database MySQL atau Maria-Db di PHPMyadmin.

Sebenarnya tujuan utama postingan ini adalah untuk arsip materi kuliah saya.

Pemrogramman adalah hal wajib disetiap perkualiahan komputer, tidak terkecuali di kampus saya Universitas Lancang Kuning (Unilak) Riau.

Ok, mari kita ikuti materi berikut.

**saya menggunakan XAMPP**

1. Instal aplikasi untuk database server, saya menggunakan XAMPP karena sangat lengkap sekaligus Web Servernya. Saya asumsikan teman-teman semua sudah menginstal XAMMP. Silahkan download di https://www.apachefriends.org/.

2. Setelah XAMPP terisntal, lalu buka XAMPP Control Panelnya (bisa dibuka melalui lokasi file instalnya) dan aktifkan MODUL MYSQL seperti digambar hingga berwarna hijau.


3. Setelah berwarna hijau, lalu buka browser dan buka alamat localhost (tanpa domain) di address bar.

4. Setelah halaman terbuka, klik phpMyadmin di sudut kanan dan nanti akan masuk ke halaman pembuatan database-nya.

5. Klik New seperti digambar.


6. Lalu isi nama Database dan klik Create.

7. Kemudian disini kita akan membuat tabel database-nya yang akan menampung data-data yang ingin kita simpan. Karena kita tadi membuat Database 'Mahasiswa', berarti bisa jadi data-data yang akan mengisi tabelnya adalah NIM, nama mahasiswa, alamat, nomor HP (ini semua hanya opsi).


8. Untuk tahap sekarang, isikan saja data-data dibawah. Untuk kolom TYPE akan berisi tipe data yang bisa dimasukkan dalam field dan kolom LENGTH berisi panjang maksimal data yang bisa dimasukkan dalam field. Setelah nama-nama kolom data diisi, klik SAVE.


9. Sampai disini kita sudah sukses membuat database MySQL atau Maria DB di XAMPP. 

Untuk berikutnya tunggu postingan Cara membuat Aplikasi Create, Read, Update, Delete (CRUD) dengan PHP. Jadi bagi yang belum paham atau pemula, pahami dulu materi ini agar nanti bisa mengikuti postingan selanjutnya.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar