Cara Membuat Kalkulator Sederhana Menggunakan Visual Studio (VB .Net) + Penjelasan Paling Lengkap


Assalamualaikum wr. wb.

Di postingan kali saya akan berbagi sebuah materi tentang Bahasa Pemograman Visual Basic (VB) .Net yaitu bagaimana cara membuat aplikasi kalkulator sederhana menggunakanVisual Studio (VB .Net).

Sebagai mahasiswa Teknik Informatika, saya dan kamu semuanya dituntut untuk wajib bisa membuat program salah satu opsinya menggunakan bahasa pemograman VB .Net.

Kata orang-orang VB .Net sudah ketinggalan dan jadul. Namun, sangat banyak juga yang masih pakai VB .Net sehingga tidak menyurutkan semangat saya untuk terus belajar bahasa pemograman ini. Disamping itu saya juga belajar web programming. 

Diawal perkuliahan informatika, ada beberapa bahasa pemograman yang akan kita pelajari tergantung kampus dan dosennya juga. Seperti di kampus saya Universitas Lancang Kuning (UNILAK) Riau, ada dosen yang mengajarkan VB .Net dan ada juga yang mengajarkan Java diawal semester perkuliahan. Biasanya ini untuk bahasa dasar materi kuliah Algoritma Pemograman.

Ok, kali ini kita akan membuat sebuah aplikasi kalkulator sederhana 'kabataku' atau kali bagi tambah kurang hehehe.

Nah, dalam membuat aplikasi kalkulator ini, ada beberapa ilmu dasar pemograman yang akan kalian kuasai jika kalian mampu memahami setiap kode yang ada nantinya.

Ada penggunaan If Else, variabel, event dan perubahan value/nilai dalam sebuah variabel.

Sesuai dengan pengertian variabel menurut saya yaitu sebuah tempat penyimpanan nilai/value dalam sebuah program yang dapat berubah nilainya selama program berjalan.

Maksudnya, seperti di program yang akan kita buat ini ada sebuah 'variabel' txtinput.txt  yang berasal dari textbox input angka. Pada awalnya variabel txtinput.txt berisi nilai num1 * num2 (jika user menekan tombol operator kali (x) dan berubah nilainya jadi num1 + num2 (jika user menekan tombol operator tambah (+)). 

Semua ini akan lebih jelas jika kamu semua mengikuti pembahasan ini sampai habis. Ok mari lanjut!

Sebelumnya saya juga sudah sering membuat artikel dan vidio tentang pemograman VB .Net ini. Kalian bisa cari di pencarian blog ini dengan kata kunci VB NET atau bisa memulai dari artikel "Part 01 - Pengenalan VB .Net Dasar | Tutorial Bahasa Indonesia" atau dengan vidio dibawah!


Cara Membuat Aplikasi Kalkulator Sederhana dengan Visual Studio (VB .Net) + Penjelasan Paling Lengkap

Apa saja atribut yang kita butuhkan dalam membuat program kalkulator kali ini?

Sebelumnya mari kita cek tampilan dan keseluruhan kode program kalkulator ini dan kita bahas setiap barisnya dengan jelas.






  1. label "Kalkulator Sederhana"
  2. textbox         = txtinput
  3. Tombol 1     = button1
  4. Tombol 2     = button2
  5. Tombol 3     = button3
  6. Tombol 4     = button4
  7. Tombol 5     = button5
  8. Tombol 6     = button6
  9. Tombol 7     = button7
  10. Tombol 8     = button8
  11. Tombol 9     = button9
  12. Tombol 0     = button0
  13. Tombol 00   = button10
  14. Tombol .      = button11
  15. Tombol =     = buttonsamadengan
  16. Tombol X    = buttonkali
  17. Tombol :      = buttonbagi
  18. Tombol +     = buttontambah
  19. Tombol -      = buttonkurang
  20. Tombol Exit = button12
  21. Tombol Del  = buttonhapus


Algoritma Programnya begini. Pengguna akan memasukkan bilangan pertama kedalam txtinput.text dan akan memilih operator apa yang akan digunakan lalu ketika pengguna mengklik operatornya maka angka yang diinput tadi akan disimpan ke variabel num1 dan akan terhapus lalu pengguna akan memasukkan angka kedua kedalam txtinput.text lalu menekan sama dengan.

Nah, ketika tombol sama dengan ditekan program akan menyimpan terlebih dahulu bilangan tadi kedalam variabel num2 dan langsung memproses bilangan yang dioperasikan sesuai dengan operator yang dipilih oleh pengguna.

Jadi input angka - pilih operator - simpan value ke num1 - input angka - tekan tombol sama dengan - simpan value ke num2 - proses sesuai rumus operator.




Penjelasan:
Kode Dim digunakan untuk mendeklarasikan variabel yang akan digunakan dalam program kita. Dalam program kalkulator ini saya menggunakan 3 buah vaiabel yaitu:

num1 - Untuk menampung nilai pertama yang kita input pada kolom textbox setelah tombol operator ditekan.

num2 - Untuk menampung nilai kedua yang kita input pada textbox setelah menekan tombol sama dengan.

opr    - Untuk menampung jenis operator apa yang ditekan oleh user nantinya.

As Double dan As String digunakan untuk menentukan jenis tipe data yang kita pakai sesuai kebutuhan. Karena disini ada operator bagi dan kurang maka lebih baik kita gunakan tipe data Double untuk menampung nilai num1 dan num2. Dan tipe data String untuk menampung nilai operator yang nantinya sudah pasti diisi karakter *,/,+ dan -.

Dan kita deklarasikan semua variabel di Class Form1 agar ketika aplikasi dibuka, maka variabel ini langsung dipanggil dan berlaku untuk semua class nantinya. Kira-kira begitu sederhananya heheh.




Penjelasan:
Coba kalian lihat kode Button1_Click, secara sederhana bisa diartikan bahwa ketika button1 (tombol angka 1) diklik, maka kode yang ada dibawahnya sampai kode End Sub akan dijalankan sesuai kondisi.

Untuk membuat kode program atau memasukkan intruksi perintah dibagian tombol yang akan diklik pada saat aplikasi sudah jadi, maka kamu klik saja 2 kali tombol yang akan dimasukkan kode program dalam hal ini adalah tombol button1 pada bagian tab Design.

Nah, coba kalian pahami algoritma program diatas tadi.

Pada dasarnya, sifat textbox itu menerima 1 kali sesi inputan dari tombol button. Kalau kita buat kode untuk mendeklarasikan bahwa button1 adalah untuk tombol angka 1 agar nanti ketika pengguna menekan button1 maka muncul angka 1 di dalam textboxnya, maka ketika textbox belum terisi angka apapun tidak akan terjadi masalah karena ketika ditekan button1 maka ditextbox langsung tampil angka 1.

Tapi ketika kita ingin memasukkan angka lebih dari 1 bagaimana? Tadi kan satu angka 1 atau 2 atau 3 dan seterusnya tidak ada masalah (Selagi textbox kosong dan hanya satu angka saja), tapi jika kita ingin memasukkan angka lebih dari 1 angka pada textbox nya bagaimana?

Misalkan angka 25 (yang terdiri lebih dari 1 angka).

Nah, disini lah fungsi If Else yang akan mengecek kondisi textbox nya apakah sudah ada angka atau belum. Jika sudah terdapat angka didalam textbox nya maka tambahkan angka selanjutnya disebelah angka sebelumnya.

If txtinput.Text <> "0" Then mempunyai arti bahwa ketika textbox (txtinput.text) tidak sama dengan nol atau ada angka selain angka 0 (1-9) maka tambahkan angka 1 setelah angka yang ada (dari kode txtinput.Text +="1"). 

Artinya ketika kita ingin memasukkan angka 25, kan pertama kita akan tekan angka 2 lalu tekan angka 5.

Kalau kita tidak memasukkan logika If Else seperti diatas, maka ketika kita menekan angka 2 lalu menekan angka 5 maka yang tampil cuma angka 5 sedangkan angka 2 yang dimasukkan sebelumnya akan hilang.

Jika ingin memasukkan angka 542? Tekan angka 5 lalu tekan angka 4 maka angka 5 nya terhapus dan tekan angka 2 maka angka 4 nya terhapus yang tergantikan dengan 2 yang terakhir kita tekan.

Namun jika tidak ada angka didalam textbox (txtinput.text)/masih kosong/isinya angka 0 saja maka masukkan angka 1 didalam textbox
(fungsi kode:                    
                     Else
                          txtinput.text = "1"
                     End if
)

Ini untuk button1 (tombol angka 1). Untuk button1 - button0 (angka 1-0) teknik logika nya sama saja. kalian tinggal mengganti angka 1 dengan angka lainnya sesuai fungsi tombol buttonnya. Jika button7 untuk angka 7 maka kode nya:

                              If txtinput.Text <> "0" Then
                                                 txtinput.Text +="7"
                              Else
                                                 txtinput.text = "7"
                              End if

Untuk angka selain itu tinggal menyesuaikan yaa.


Sedikit banyak konsep If Else sama saja untuk semua kasus, saya pernah membuat vidio di Channel saya Ridho Alfarezh tentang If Else jadi kalian bisa belajar dulu bagi yang pemula banget yaa hehehe.






ini button kali ya, bukan button mod. diprogramnya saya typo heheh.

Penjelasan:
Sekali lagi pahami algortima programnya dulu. Bahwa ketika pengguna menekan operator kali/bagi/tambah/kurang maka program akan menyimpan angka yang diinput kedalam textbox ke variabel num1.

Jadi kode num1 = txtinput.text berfungsi untuk menyimpan angka yang diinput dan simpan kedalam variabel num1.

Lalu setelah angka disimpan, maka kosongkan textbox agar kita bisa memasukkan angka lagi untuk dioperasikan nantinya sesuai operatornya (fungsi dari kode txtinput.text = "").

Di awal kita sudah deklarasikan variabel opr yang digunakan untuk menampung operator yang dipilih oleh pengguna.

Jadi ketika pengguna mengklik ButtonKali (tombol untuk operator kali), maka simpan string * kedalam variabel opr

Untuk tombol operator lain tinggal ganti saja ya, jika oprator bagi maka ganti opr = /, jika operator tambah ganti dengan opr = +, jika operator kurang maka ganti opr = -.




Penjelasan:
kode num2 = txtinput.text berguna untuk agar angka yang diinput pengguna kedalam textbox disimpan kedalam variabel num2.

Ingat num1 adalah untuk menyimpan angka yang diinput pengguna ketika pengguna menekan tombol operator dan num2 digunakan untuk menyimpan angka di textbox ketika pengguna mengklik tombol sama dengan (=).

Baca dan pahami lagi algoritma programnya yaa hehehe.

Nah, coba perhatikan kode If, Else If dan Else diatas. Itu berfungsi untuk menyesuaikan kondisi operator apa yang dipilih oleh pengguna.

-Jika pengguna memilih operator kali, maka jalankan rumus txtinput.text = num1 * num2
-Jika pengguna memilih operator bagi, maka jalankan rumus  txtinput.text = num1 / num2
-Jika pengguna memilih operator tambah, maka jalankan rumus  txtinput.text = num1 + num2
-Jika pengguna memilih operator kurang, maka jalankan rumus  txtinput.text = num1 - num2


Namun jika ada sesuatu yang salah (bagian Else), maka tampilkan pesan di messageBox "Ada yang salah".

Walaupun sepertinya Else ini tidak akan pernah dieksekusi dalam kasus ini jika deklarasi nilai dalam variabel opr tidak ada yang salah. 

Sekarang, timbul pertanyaan. Kapan Else dieksekusi oleh program?? Silahkan jawab di komen yaa hahaha. Nanti kita akan bahas di postingan tentang If Else.



Penjelasan:
Ini adalah untuk kode buttonhapus (tombol untuk hapus angka di textbox). Kita cukup tambahkan kode singkat txtinput.Clear() agar ketika tombol hapus diklik maka angka pada textbox akan terhapus.

Penjelasan:
Ini adalah button12 (untuk tombol keluar aplikasi). Kita cukup tambahkan kode End saja agar ketika pengguna menekan tombol ini maka aplikasinya akan keluar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar