Jurusan Informatika Harus Bisa Matematika? Benarkah Matematika Menjadi Syarat Masuk Jurusan Informatika ?

Jurusan Informatika Harus Bisa Matematika? Benarkah Matematika Menjadi Syarat Masuk Jurusan Informatika ?

Assalamualaikum teman-teman.

Ini adalah pengalamanku selama menjadi mahasiswa Teknik Informatika. Saya kuliah di Universitas Lancang Kuning (Unilak) Pekanbaru Riau. 

Saat ini saya sedang dalam proses kuliah semester 2.

Ya walaupun saya sebenarnya seharusnya sudah semester 4, karena saya sebelumnya juga pernah kuliah di Universitas Pahlawan Bangkinang Riau.


Saat ini kesibukan saya menjadi pengajar (lebih tepatnya guru bantu), pembina Pramuka dan sebagai teknisi di SMKN 1 XIII Koto Kampar.

Dunia teknologi dalam diri saya sudah dimulai sejak saya kelas 3 pesantren. 
Disaat orang sebaya saya saat itu asik main game dan sudah punya Android dan Blackberry, saya saat itu menyibukkan diri untuk nge-blog dan menjadi santri penulis melalui HP Nokia C1-01 saya waktu itu.

Saat itu saya sudah mengenal Hypertext Markup Language (HTML) karena dalam dunia blogging wajib untuk sedikit banyaknya memahami HTML ini.

Setelah itu saya belajar lagi tentang CSS. Nah, waktu itu saya tidak terlalu serius dalam belajar CSS karena buat saya pusing (setidaknya saat itu, hehehhe).

Banyak orang bilang kalau mau ambil jurusan Komputer baik itu Teknik Informatika (TI), Sistem Informasi (SI) atau Ilmu Komputer (Ilkom) bahkan Teknologi Informasi (TIf) atau segala Jurusan Informatika Harus Bisa Matematika? Benarkah Matematika Menjadi Syarat Masuk Jurusan Informatika ?

Benarkah begitu?

Jurusan Informatika Harus Bisa Matematika? Benarkah Matematika Menjadi Syarat Masuk Jurusan Informatika ?


Yang saya ceritakan ini adalah fakta sebenarnya. Saya dulu juga pernah bertanya seperti itu.

Saya mau masuk Jurusan Informatika, haruskah bisa MTK?”

Secara nilai rapor, nilai Matematika saya pernah menyentuh angka 97 (terima kasih banyak guru Matematikaku Bu Wenni Anggraini Sari) pada saat saya SMK jurusan TKJ.

Tapi apakah saya orang yang hebat Matematika? Pintar Matematika? Oh tidak.

Saya bukanlah orang yang hebat atau pintar dalam Matematika. Teman saya, Fauzan, kehebatannya melebihi kehebatan kami sekelas waktu itu (dalam pelajaran Matematika).

Kesimpulan awal, kamu gak usah pintar Matematika untuk kuliah komputer baik TI, SI, Ilkom ataupun TIf.

Matematika memang dipelajari saat perkuliahan komputer. Bahkan saat kamu mengirim chat ke seseorang via Whatsapp, kamu sebenarnya sedang mengolah bilangan Matematika yaitu binary.

Namun itu tidak ditampilkan ke tampilan layar smartphone kalian. Di perkuliahan komputer ada Kalkulus, Matematika Diskrit dan matematika lainnya. Sulitkah Matematika di perkuliahan?

Sulit juga sebenarnya jika kamu sewaktu SLTP sampai lulus SLTA tidak pernah serius dengan Matematika.

Tapi tidak akan kesulitan jika kamu dulunya serius dalam Matematika

Saya termasuk orang yang cepat lupa dalam belajar Matematika. Ketika belajar saya cepat menangkap materi tapi setelah itu saya lupa semuanya (tapi tidak dengan materi pemogramman).

Kesimpulan sementara, matematika penting juga jika ambil jurusan komputer.

Jurusan Informatika Harus Bisa Matematika? Benarkah Matematika Menjadi Syarat Masuk Jurusan Informatika ?


Ikuti terus tulisan ini agar kamu mandapatkan kesimpulan akhir tentang penting atau tidak Matematika dalam perkuliahan komputer.

Saya telah banyak membaca tulisan tentang kebimbangan calon mahasiswa komputer. Hai adekku yang bimbang, gak usah takut dan khawatir.

Kuliah komputer memang sangat banyak juga Matematikanya. Tapi tidak semua juga perlu matematika.

Ada satu hal yang lebih harus kalian pahami selain Matematika. Kamu gak pintar dan paham Matematika? Gak usah takut. Gak pandai hitung-hitungan? Gak usah gentar.

Apa yang harus kamu takutkan jika ambil jurusan komputer di perkuliahan? Mau tau?

Ok sekarang saya beri tau. Dia adalah LOGIKA.

Kamu gak hebat dan tidak bisa bernalar dan berlogika? Gak usah deh masuk jurusan komputer. 

Ambil aja sono jurusan yang lain yang sesuai dengan passionmu. Panjangnya logika kita adalah hal yang wajib diperkuliahan komputer.

Saya sudah banyak memperhatikan. Mahasiswa yang tidak bisa berlogika dan tidak punya kemauan yang keras, pasti akan merasa salah ambil jurusan.

Tidak punya logika? Coba pikir-pikir dulu jurusan lain.

Saya tidak menakut-nakuti kalian semua. Ini semua adalah fakta yang terjadi di lapangan.

Dunia perkuliahan komputer pasti akan sangat banyak memakai logika. Membangun sebuah program yang bagus membutuhkan logika yang kuat.

Program tidak selamanya lancar seperti jalan tol. Seteliti apapun kita, ada-ada saja error-nya. 

Bahkan, saya pernah membeli dan membaca buku seorang programmer tentang web technology, dia yang se-expert itu masih banyak melihat dokumen resmi Bahasa pemograman dan dalam bug hunting nya masih banyak yang dia selesaikan dalam waktu yang agak lama.

Apalagi kamu atau pastinya saya yang logikanya masih Cepek.


Saya memang belum terlalu mahir dalam pemograman, tapi saya sudah belajar sedikit banyak materi pemograman.

Tidak hanya dari perkuliahan, tapi juga secara otodidak.

Tidak satu-dua logika yang harus kita atasi ketika kita membangun sebuah program yang baik. Jadi, coba pikir apakah kamu dalam berlogika sudah kuat.

Berlogika disini maksudnya adalah mampu dalam memikirkan berbagai macam solusi yang bisa mengatasi setiap masalah program.

Mengatasi program yang error tidak hanya dengan satu cara saja. Seorang programmer dituntut memiliki logika yang kuat. Yaa untuk memecahkan masalah tadi.

Kesimpulan saat ini, matematika penting juga dan logika paling utama.

Namun apakah kamu yang tidak bisa matematika dan tidak punya logika yang kuat masih cocok untuk jurusan TI?

Apakah semuanya sudah berakhir? Tenang saudara.

Walaupun secara bawaan kita tidak  terlalu bisa matematika dan tidak punya logika yang kuat, tapi itu semua bisa dilatih.

Semua tergantung usaha kita. Ya kalau gak diasah otakmu itu, bagaimana mau bisa pandai nantinya.

Malu nggak lulusan komputer tapi buat program nggak bisa?? Ya malulah.

Orientasi perkuliahan kamu di komputer ya itu, bisa buat program. Jadi gimana dong melatih logika nya?

Kalau kamu tak bisa menjawab ini, berarti nggak usah ambil jurusan komputer. Usaha dong, hehehe.

Dan saran saya, sebelum masuk ke jurusan komputer ini, kamu angsur-angsur dulu materinya seperti web programming dan pemogramman aplikasi berbasis GUI dan CLI.

Biasanya di semester awal perkuliahan kamu akan belajar pemogramman berbasis TEXT/CLI dengan Bahasa program Java, VB .Net atau Python tergantung dosen dan kampusnya juga.

Tapi terakhir, jurusan komputer itu tidak sesulit yang kamu bayangkan jika kamu mengikutinya dengan tekun.

Tanpa kuliah pun kamu bisa jadi programmer yanga hebat tapi dengan kamu kuliah komputer, kamu punya nilai lebih seperti kamu punya lisensi dan lebih berpendidikan dari orang kebanyakan.

Berbicara berpendidikannya, semua tergantung person  masing-masing. Masih minat kuliah komputer???

Jadi gimana kesimpulannya? Jurusan Informatika Harus Bisa Matematika? Benarkah Matematika Menjadi Syarat Masuk Jurusan Informatika ?

Silahkan simpulkan sendiri, heheheh.

Ingat! ini pengalaman selama 2 semester. Tunggu pengalaman Semester berikutnya!






Tidak ada komentar:

Posting Komentar